Foto Sampul

Tab Profil

Kronologi Tentang Teman Foto
Santa Mars

MODUL 15 (Sistem Keamanan Jaringan) (Firewall)


Friday, July 22, 2011

SISTEM KEAMANAN JARINGAN (Firewall)


Menentukan jenis jenis keamanan jaringan
Memasang firewall
Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
Mendesain sistem keamanan jaringan


Tujuan :
Pembahasan ini bertujuan :
1.Siswa memahami jenis-jenis firewall
2.Siswa memahami cara menerapkan firewal di jaringan


Pokok Bahasan :
Dalam pembahasan ini meliputi :
1.Jenis jenis keamanan jaringan, Firewall, Pengendalian jaringan.
2.Cara Mendesain system keamanan jaringan 



Dalam jaringan komputer, khususnya yang berkaitan dengan aplikasi yang melibatkan berbagai kepentingan, akan banyak terjadi hal yang dapat mengganggu kestabilan koneksi jaringan komputer tersebut, baik yang berkaitan dengan hardware (pengamanan fisik, sumber daya listrik) maupun yang berkaitan dengan software (sistem, konfigurasi, sistem akses, dll). 


Gangguan pada sistem dapat terjadi karena faktor ketidaksengajaan yang dilakukan oleh pengelola ( human error), akan tetapi tidak sedikit pula yang disebabkan oleh pihak ketiga
Gangguan dapat berupa perusakan, penyusupan, pencurian hak akses, penyalahgunaan data maupun sistem, sampai tindakan kriminal melalui aplikasi jaringan komputer



Dalam internetworking beberapa jenis gangguan dikenal dengan istilah:


1.Hacking, berupa pengrusakan pada infrastruktur jaringan yang sudah ada, misalnya pengrusakan pada sistem dari suatu server.


2.Physing, berupa pemalsuan terhadap data resmi dilakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaataanya.
3.Deface, perubahan terhadap tampilan suatu website secara illegal.
4.Carding, pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian nomor kartu kredit, digunakan untuk memanfaatkan saldo yang terdapat pada rekening tersebut untuk keperluan belanja online.
5.Serta masih banyak istilah pada sistem keamanan jaringan yang berkaitan dengan penyalahgunaan maupun pengrusakan sistem yang sudah ada



Dalam melakukan persiapan fungsi sistem hendaknya disiapkan pengamanan dalam bentuk berikut :



         1.Mengelompokkan terminal yang difungsikan sebagai pengendali jaringan atau titik pusat akses (Server)     pada suatu jaringan, yang selanjutnya harus diberikan pengamanan secara khusus.
2.Menyediakan pengamanan fisik berupa ruangan khusus untuk pengamanan perangkat yang disebut pada point nomor 1. Ruangan tersebut dapat diberikan label Network Operating Center (NOC) dengan membatasi personil yang diperbolehkan masuk.
3.Memisahkan sumber daya listrik untuk NOC dari pemakaian yang lain. Perlu juga difungsikan Uninteruptable Power Supply (UPS) dan Stabilizer untuk menjaga kestabilan supply listrik yang diperlukan perangkat pada NOC.
4.Merapikan wiring ruangan dan memberikan label serta pengklasifikasian kabel.
5.Memberikan Soft Security berupa Sistem Firewall pada perangkat yang difungsikan di jaringan. Merencanakan maintenance dan menyiapkan Back Up sistem.


Pada firewall terjadi beberapa proses yang memungkinkannya  melindungi jaringan. Ada tiga macam Proses yang terjadi pada firewall, yaitu
1.Modifikasi header paket, digunakan untuk memodifikasi kualitas layanan bit paket TCP sebelum mengalami proses routing.
2.Translasi alamat jaringan, translasi yang terjadi dapat berupa translasi satu ke satu ( one to one ), yaitu  satu alamat IP privat dipetakan kesatu alamat IP publik atau   translasi banyak kesatu ( many to one ) yaitu beberapa alamat IP privat dipetakan kesatu alamat publik.
3.Filter paket, digunakan untuk menentukan nasib paket apakah dapat diteruskan atau tidak.




Lebih Lengkapnya download disini

Artikel Terkait

2 comments:

Copyright © 2016 | Privasi | SiteMap | Follow | Download Template